Rabu, 13 Februari 2013

Karier Musik Tony Q Rastafara


 


Menurut wawancara dengan Tony Q di Radio Nederland Wereldomroep , sebelum terjun di musik reggae, dia pernah memainkan blues, rock, bahkan musik country.

Tahun 1989 dia akhirnya memilih menekuni musik reggae yang menurutnya tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat. Tony Q mengaku sangat mengidolakan Bob Marley, almarhum musisi reggae kenamaan asal Jamaika.



Bersama Rastafara Tony Q memulai karier musik reggaenya sejak tahun 1989 dengan grup musik Roots Rock Reggae. Biasa mereka manggung dari cafe ke cafe atau acara pentas musik yang ada di Jakarta.

Setelah tergabung dengan banyak band reggae seperti Exodus dan Rastaman, akhirnya pada tahun 1994 dia membentuk grup musik Rastafara yang menjadi cukup terkenal sebagai pengusung aliran musik reggae di Indonesia saat itu.

Bersama Rastafara dia sempat merilis dua album, yaitu " Rambut Gimbal " (1996) dan " Gue Falling In Love " (1997).

Hampir semua lagu dalam album tersebut diciptakan TonyQ, dengan lirik lagu yang banyak bertema sosial, kemanusiaan, cinta, dan kehidupan masyarakat sehari-hari. Salah satu lagunya yang populer adalah " Rambut Gimbal" , sebuah istilah untuk gaya rambut dreadlock yang kerap digunakan oleh pengikut Gerakan Rastafari , yang kemudian secara tidak langsung dijadikan istilah dalam bahasa Indonesia yang menjadi populer karena lagu tersebut.

Rastafara saat itu dinilai berbeda dengan grup musik reggae lainnya karena mereka berhasil memasukan dan memadukan unsur-unsur musik dan instrumen tradisional khas Indonesia ke dalam musiknya sehingga terbentuklah musik reggae ala Indonesia yang bisa terlepas dari bayang-bayang musik reggae negara lain seperti Bob Marley , UB40 atau Jimmy Cliff.

Kini Tony Q telah menjadi ikon musik reggae Indonesia. Dia dianggap sebagai pelopor reggae di Indonesia, karena dia tak hanya berkecimpung di ragam tersebut sejak lama, namun juga mengembangkan karakter musik reggaenya sendiri, dimana dia memasukkan banyak unsur tradisional Indonesia ke musiknya, dan mengangkat tema-tema khas Indonesia dalam musiknya.

Sumber : http://reggae-unity.heck.in/category/tony-q-rastafara/1.xhtml

Tidak ada komentar:

Posting Komentar